Fakta Seru Sains : Mengapa Langit di musim gugur terlihat lebih biru?

        Hai para readers terhormat! Apa kabar? Hehehe. Welcome back to Inmylife blog! Meh :3 Kali ini, mimin akan ngasih ilmu bagi kalian semua, para readers.
                                      
      Nah, Para reders! Langit terlihat biru karena saat sinar matahari bertemu dengan molekul gas, sinar yang terserap akan dipancarkan sehingga menghasilkan spektrum warna. Warna biru yang memiliki panjang gelombang paling pendek akan terserap lebih banyak daripada warna merah sehingga warna biru ini dominan oleh mata.
      Langit musim gugur biasanya terlihat sangat biru. Pada musim gugur, udara berhembus bukan hanya mengandung sedikit debu, tapi juga kering sehingga uap dan butiran airnya sedikit. Hasilnya, inar biru lebih banyak bersinar, sementara oksigen dan nitrogen serta molekul gas lainnya lebih banyak bertabrakan. Karena itulah langit terlihat lebih tinggi dan keabu-abuan.
   Bila di udara ada banyak debu dan polusi udara, maka karena polusi udara dan debu itulah yang menyebabkan langit bewarna keabu-abuan.
    Tapi, Saat hujan turun, diudara terdapat pembersihan debu dan polusi udara, sehingga warna biru lebih menyebar dan langit akan terlihat biru cerah.

Comments

Popular Posts