Masuk PKN STAN

      Halo! Setelah sekian lama Hiatus dari blogger, pada akhirnya aku memutuskan untuk kembali lagi untuk mengasah lagi kemampuan menulis ku. Sudah sekitar 3-4 tahun aku tidak menyentuh blog ku ini dikarenakan berbagai alasan. Salah satunya karena masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan Alhamdulillah aku bisa balik lagi untuk berbagi cerita kepada temen-temen semua.
     Ok. kali ini aku akan cerita bagaimana perjuanganku untuk masuk kampus impianku, PKN STAN.  Sebelumnya, aku mau flashback ke tahun 2017 yang lalu. Tahun yang berkesan dan penuh dengan rintangan. Tahun yang tidak akan kulupakan seumur hidupku. 
       Selayaknya siswa SMA lain, aku menyiapkan segala hal yang aku perlukan untuk melanjutkan studi ku ke universitas. Terutama mengejar ketertinggalanku dalam hal PELAJARAN. Berbagai bimbingan belajar aku ambil demi mengejar hal itu. Aku pun sering menghabiskan waktuku di perpustakaan kota hanya untuk mengerjakan soal-soal dan mencari tambahan buku-buku untuk aku pelajari. Setiap malam aku selalu mengurung diri di kamarku untuk kembali mengerjakan tugas dan menyelesaikan soal-soal yang belum aku kerjakan. Bahkan untuk makan pun harus terus menerus diingatkan oleh ibuku. 
      Hari minggu pun aku gunakan untuk melatih fisikku dalam hal persiapan masuk sekolah kedinasan. Intinya pada tahun itu "Aku mencoba segala hal" yg aku bisa karena segala kemungkinan dan kesempatan ada di depan mataku dan aku tidak mau menyia-nyiakannya.
          Oke. Ketika pengumuman SNMPTN, aku tidak lolos untuk masuk kampus pilihanku. itu kegagalan pertama yang aku alami. Sedih pasti, kecewa tentu, putus asa? tentu tidak. Aku tidak akan menyerah begitu saja hanya karena satu kegagalan. Tes berikutnya adalah tes yang aku tunggu-tunggu, tes kedinasan. yaitu SPMB PKN STAN.
              Aku masih ingat dulu ambil tes di daerah Kota Malang dengan alasan kota nya dingin. jadi untuk mengerjakan soal-soal tidak akan terganggu dengan "cuaca". Tes pertama adalah tes TKA dan TBI.  Alhamdulillah aku lolos dan memenuhi ambang batas. Pengumuman lolos ini seperti obat dari rasa sakit atas kegagalanku sebelumnya. Harapan ku pun kembali muncul. Begitu pun harapan orang tuaku. 
             Cerita berlanjut hingga SBMPTN. Persiapan SBMPTN lebih "gila-gilaan". Aku bahkan tidur kurang dari empat jam sehari. Capek? tentu. Aku masih ingat bagaimana rasanya dimana aku terus memaksa diri untuk belajar dan belajar. Jenuh? iya. Aku merasakan hal itu juga, ketika aku terus mengulang soal-soal, dimana aku terus dihadapkan dengan buku-buku Tapi semua itu aku tahan agar aku dapat melanjutkan studiku. 
              Pagi, siang, dan sore kegiatanku cuma ada disekitar tempat bimbel, perpus kota, atau kamar. Libur semester ku pun aku habiskan di tempat itu terus. Sembari menyiapkan SBMPTN, aku pun menyiapkan fisikku untuk TKK SPMB PKN STAN. Setiap hari Minggu pagi dan Kamis sore aku selalu pergi ke lapangan untuk melatih kekuatan berlari ku. 
              Aku sangat ingat dulu kelemahan ku dalam berlari bentuk angka delapan. Karena aku begitu kesulitan, aku pun ikut bergabung ke latihan teman-temanku yang ikut bimbingan SPMB PKN STAN. walaupun sebenarnya aku bukan anggota BIMBEL. Hehe. Tapi tidak ada batasan dalam belajar kan?
             Oke, Saat TKK tiba aku ambil antrian seusai subuh. Agar aku mendapat nomor yang kecil dan mendapat bagian lari di pagi hari. Karena kalo di siang hari, energi pun sudah terkuras untuk menunggu antrian dan ditambah panas matahari yang menyengat. Dan ketika giliranku tiba, Alhamdulillah aku mendapat empat kali putaran. dan untuk lari angka delapan, aku tidak tau dapat berapa detik. karena angkanya bersifat rahasia. dan aku pun pulang dengan tenang.
             Lanjut saat TES SBMPTN. Saat-saat yang mendebarkan bagiku. Aku mengambil tes di Kota Surabaya dengan alasan disana ada kos kakakku untuk aku tinggali. Pengumuman lokasi tes pun sudah ditentukan, yaitu berada di salah satu kampus di Surabaya. Aku meminta doa kepada seluruh anggota keluarga ku agar aku diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal SBMPTN.
            Hingga akhirnya pun aku masuk ke ruangan tes dan soal pun dibagikan. Aku buka soal itu, aku isi identitasku dengan teliti dan aku kerjakan mulai dari yang menurutku mudah. Sepuluh menit berlalu, Alhamdulilah aku dapat mengerjakannya dengan lancar dan baik hingga tiba-tiba soal tersebut ditarik kembali oleh pengawas. Aku yang tengah mengerjakan soal tersebut pun bingung. Kenapa? Ternyata pengawas salah dalam membagikan soal. DUAR! Serasa petir menyambar. Marah? iya. Kesal? Tentu. 
               Begini, dalam waktu sepuluh menit itu sudah cukup untuk mengumpulkan konsentrasi ku dan sudah cukup bagiku untuk mengontrol keteganganku. Dan tiba-tiba nih, karena human error aku harus mengulang semua itu lagi? Wah udah deh, konsentrasiku hilang, aku sulit fokus, dan perasaan ku sudah tidak karuan lagi. Akhirnya aku pasrahkan semua kepada Allah. Karena cuma Allah yang dapat membuatku tenang kembali. 
                Next. Aku pun keluar dari ruangan tes SBMPTN dan lanjut untuk pulang ke kos Kakakku. 
Pada saat itu aku masih menahan tangisku. hingga akhirnya aku sampai kos, aku nangis dong. tapi itupun diam-diam. hehe. aku pura-pura tidur, padahal aku nangis waktu itu. Karena pada dasarnya aku bukan tipe orang yang suka mengekspresikan dri secara terang-terangan. Ada kesedihan, kemarahan aku simpan untuk diriku sendiri. Aku tidak ingin meluapkannya dihadapan orang lain. 
             Oke, melihat bagaimana aku menjalankan tes SBMPTN, aku benar-benar sudah pasrah dengan hasilnya dan segera move on ke SKD SPMB PKN STAN. Sembari latihan SKD, akupun juga mengikuti seleksi mandiri universitas, seperti UTUL, UM UNY, UM UPI dan ujian mandiri lainnya. 
               Nah ketika pengumuman kelolosan SPMB PKN STAN Tahap 2 nih, hehe, Aku gagal dong. Automatically, sedih banget. lagi dan lagi aku mengecewakan kedua orang tuaku. Aku mengalami kegagalan lagi, 
              Pengumuman SBMPTN? Jelas aku gagal. Aku ngerjainnya kayak gitu, dan sedih? tentu. 
              Aku pun masih bangkit lagi, aku mencoba tes UTUL 1. Aku mengambil pilihan yang sama dengan pilihan-pilihanku sebelumnya. yaitu FKG, Arsi, dan Ilkom. Aku mengerjakannya dengan lancar, karena aku merasa soal UTUL 1 lebih mudah daripada soal SBMPTN. Atau mungkin hanya perasaanku saja. 
             Pengumuman UTUL 1? Gagal lagi dong. Udah deh. Aku seperti kehilangan Arah. aku tidak mau makan, aku putus asa. bahkan aku melihat sendiri bagaimana ortu ku menangis melihat keadaanku yang sudah menyerah. Aku sering mengurung diri di kamar untuk menangis. Bahkan sampai sekarang aku masih ingat rasanya hari itu. Ketika aku berbaring di kamar sambil menangis, tiba-tiba ibuku tidur disampingku dan memelukku dari belakang menenangkan ku. 
               Kegagalan dan kegagalan terus aku alami. UM UNY? Juga gagal. hingga akhirnya ibuku menyarankanku untuk mengikuti tes UTUL 2 dimana tes itu dikhususkan untuk D3 saja. Oke, aku pun mengikuti saran ibuku untuk mengikuti tes itu. Tapi kali ini, aku belajarnya pun tidak se"gila-gilaan" SBMPTN dulu. Aku mulai mengontrol egoku, aku mulai menenangkan batin ku, dan aku serahkan semua pada-Nya. 
                Alhamdulillah, seperti tes-tes sebelumnya, aku kerjakan semaksimal mungkin. UTUL 2 UGM inilah satu-satunya jalan terakhir untukku. Kali ini, aku sudah siap dengan hasil yang akan aku hadapi nantinya. Jika memang aku belum ditakdirkan untuk melanjutkan studiku tahun ini, mungkin ini cara Allah agar aku istirahat dulu dan menunggu tahun berikutnya hingga aku siap. Aku pun memantapkan tekadku berniat untuk nge-gap dan mengisinya di pondok tahfidz qur'an. Aku mulai mencari-cari lokasi untuk mondok. 
                Namun, ternyata Allah berkata lain, Alhamdulillah aku diterima di UGM D3 Ilkom dan SI. Pada saat itu juga aku sujud syukur kepada Allah dan memeluk kedua orangtuaku. Aku melihat orang tua ku pun menangis haru dan ikut bersujud syukur pada-Nya. 
              Aku akan terus mengingat saat-saat itu. Selamanya. 
               Dan keesokan hariny pengumuman UM UPI pun keluar. Alhamdulillah, aku pun diterima. Ternyata benar kata orang, bahwa semua akan indah pada akhirnya.
              Lalu? Kok tidak sesuai dengan judul?
              Hehe, bentar, habis ini. 
              Satu tahun di UGM adalah hal yang paling berharga dalam hidupku. aku bertemu orang-orang yang baik, teman-teman yang baik, dosen-dosen yang keren dan aku belajar hal baru yang ternyata tidak kusangka aku akan sangat menyukai nya. Bahkan dalam satu tahun itu, aku merasa bidang ini adalah passion ku. Aku dapat mengerjakan tugas dan ujian di UGM dengan sangat baik bahkan tergolong sempurna. Aku pun mengikuti organisasi di jurusanku untuk meningkatkan kualitas diriku. Di UGM banyak hal yang aku pelajari dan aku dapatkan. 
              Tetapi, aku tidak melupakan mimpiku. Masuk PKN STAN. hehe, ditahun terkhir memasuki tahun kedua ku di UGM, aku fokus untuk belajar SPMB. Aku buat rangkuman undang-undang, aku baca berulang kali sejarah indonesia, dan aku ingat-ingat kembali rumus-rumus baik TBI dan TPA.
              Pada tahun 2018, merupakan kesempatan terakhirku untuk masuk ke PKN STAN. Jadi aku maksimalkan latihan ku. Dan beruntungnya aku, pada tahun tersebut tidak diadakan TKK hingga aku bisa fokus ke ujian TKA, TBI, TKP, TWK, dan TKD. hehe. 
             Alhamdulillah, karena dulu sering banget ngerjain TKA dan TBI PKN STAN,aku pun tidak kesulitan dalam mengulangnya lagi. tinggal aku mantapkan tes SKD nya saja. 
             Saat tes SPMB PKN STAN, aku ambil lokasi di Yogyakarta. dan Alhamdulillah, aku lolos semua ambang batas dan tinggal menunggu perangkingan. dan Alhamdulillah aku Lolos D1 Pajak PKN STAN. Ketika aku memberi kabar ini ke kedua orangtua ku, mereka mengecup pipiku dan memelukku. Akhirnya aku mendapatkan apa yang aku impikan. Terimakasih, Allah. 
             Lalu apa yang bisa aku pelajari dari semua itu? Inget ngga tadi pas diawal cerita aku memforsir diriku sangat keras bahkan aku mengedepankan egoku yang berlebihan. Aku keras kepada diriku sendiri, orang tua, yang membuatku buta arah dan melupakan sekitarku.  Idealis memang perlu, tapi aku rasa akan ada baiknya jika diimbangi dengan iman. 
                 Lalu apa yang terjadi ketika aku mulai bisa melepaskan semuanya, berserah pada-Nya, dan menerima segaral kehendak-Nya? Allah sendiri yang membukakan jalannya untukku diwaktu yang tepat dengan perasaan yan tepatdan lebih baik tentunya. 
               Ketika kegagalan terus menimpaku, ketika aku tidak dapat mencapai apa yang aku impikan, Allah memberiku yang lebih baik, yaitu di terima di UGM. Disitu aku mendapatkan banyak hal yang ternyata aku sangat menyukainya. Maha Baik Allah. 
               Namun, disaat itulah ujian ada didepanku. Allah memberiku pilihan, apakah aku akan mengejar apa yang aku impikan dulu yang bahkan belum tentu aku menyukainya, atau aku tetap menjalani apa yang aku jalani dan aku sukai sekarang? 
                 Dan ketika aku mencoba kesempatan terakhirku tes SPMB PKN STAN, dan ternyata Allah menjawabnya dengan aku diterima di PKN STAN. Oke, tentu saja aku sangat senang dong. itu impianku sejak lama. Tapi bagaimana dengan UGM? tempat yang sudah membuatku nyaman. Teman-teman baik ku ada disana. Aku benar-benar mengalami dilema itu. Lalu aku diskusikan dengan kedua orang tuaku. dan mereka pun memilih agar aku melanjutkan ke PKN STAN saja. dan akhirnya aku pun mengikuti saran kedua orang tua ku dan memilih untuk lanjut ke PKN STAN. ada beberapa hal yang aku pertimbangkan kenapa aku lebih memilih ke PKN STAN .
   1. Tidak ada biaya UKT. Ini yang jadi pertimbangan pertama bagiku. Aku mengetahui bagaimana kondisi ekonomi orang tua ku. aku juga mengetahui bagaimana susahnya kedua ortuku mencari uang untuk membiayai keempat anaknya untuk sekolah. dan utamanya kakakku yang sekarang juga kuliah. sangat berat apabila kedua ortuku menanggung itu semua. Dan mungkin akan lebih ringan apabila mengurangi biaya UKT ku sebelumnya. 
   2. Kepastian pekerjaan di kemudian hari. Aku rasa, ini juga alasan beberapa orang memilih lanjut ke PKN STAN
     3. Hidup jauh dengan ortu. Ini juga yang aku pertimbangkan. Sekolah di PKN STAN berarti harus meninggalkan kedua ortuku untuk hidup di perantauan. hal tersebut memang sangat sedih, tapi aku menyukai tantangannya. Itu berarti aku akan menemui hal-hal baru yang tentu menarik. Hidup di metropolitan, merasai kerasnya hidup yang mungkin akan meningkatkan kualitas diriku dan membuatku tumbuh dewaswa lagi.
   
          Oke, itu kiranya perjalanan hidupku ketika memasuki umur 19 tahun. hehe. penuh lika liku kan?
          Buat adek-adekku yang sedang dikelas tiga SMA yang mungkin sekarang juga sedang galau memilih  kampus, tetap semangat ya. Jangan takut mengalami kegagalan. Karena kegagalan yang kalian alami akan menjadi kenangan yang indah di kemudian hari yang akan menjadi pelajaran yang tidak akan terlupakan
 Terbentur.. terbentur.., akhirnya terbentuk
Aku masih ingat ketuaku memberi ku nasehat itu. hehe.  Ingatlah, Sebaik-baiknya kita membuat rencana, rencana Tuhan lah yang terbaik. Kalau tidak sekarang, mungkin suatu saat nanti kalian akan merasakannya. Dan kalian akan mengerti apa yang aku rasakan sekarang. Begitu indah, nyaman, dan tenang. hehe.

Gdnight!
            
                      

Comments

Popular Posts