Doctor's World : Anestesi

                                                 
        Apakah kalian pernah melihat proses operasi di televisi, film, atau lainnya? Ketika seorang dokter melakukan pembedahan, pasti selalu didampingi oleh seorang dokter ahli anestesi. Mengapa? sebelum itu, saya akan menjelaskan apa itu anestesi? Anestesi adalah suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Nah, dari sini sudah kita dapatkan bahwa dokter bagian anestesi berperan penting dalam proses pembedahan berlangsung. Kalian bayangkan sendiri saja jika sebuah pembedahan tanpa ada anestesi, apa yang terjadi? bukankah itu sangat menakutkan.
       DOKTER ANESTESI adalah seorang dokter spesialis anestesi atau anestesiologist yang telah menyelesaikan program pendidikan dokter spesialis anestesi.Untuk menjadi dokter anestesi sebelumnya harus telah menyelesaikan pendidikan kedokteran umum atau merupakan dokter umum.
Dokter umum yang ingin menjadi dokter anestesi dapat mengikuti program pendidikan dokter spesialis anestesi di fakultas kedokteran di indonesia.
      Dokter spesialis anestesiologi selama pembedahan berperan memantau tanda-tanda vital pasien karena sewaktu-waktu dapat terjadi perubahan yang memerlukan penanganan secepatnya.
Empat rangkaian kegiatan yang merupakan kegiatan sehari-hari dokter anestesi adalah:
  • Mempertahankan jalan napas
  • Memberi napas bantu
  • Membantu kompresi jantung bila berhenti
  • Membantu peredaran darah
  • Mempertahankan kerja otak pasien.
Selain itu, adapun tugas-tugas dari dokter anestesi adalah sebagai berikut    :
1. Melakukan pemeriksaan pada pasien sebelum menjalani program pembedahan melalui kunjungan  pre-operasi atau konsultasi yang dilakukan oleh dokter spesialis anestesi
2. Melakukan tindakan perbaikan atau konsultasi ke bagian lain jika ditemukan hal yang dianggap belum layak pada pasien untuk menjalani pembedahan
3. Menentukan tehnik anestesi yang terpilih pada pasien yang akan menjalani pembedahan dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan pada pasien
4. Melakukan tindakan anestesi sesuai dengan prosedur tetap
5. Memberikan pengawasan dan bimbingan kepada perawat anestesi secara berkesinambungan.
6. Senantiasa menambah dan mengembangkan keilmuan anestesi melalui pertemuan ilmiah secara berkala dan berkesinambungan.

Src : Wikipedia, nurrezaromadlonika.blogspot.com

Comments

Popular Posts