About Supercell

     Konbanwa minna! O genki desuka? kali ini mimin bakal ngeshare mengenai supercell. hehehe, bagi para otaku, siapasih yang masih belum kenal sama group yang satu ini. ;p lagu supercell ini sering sekali menjadi soundtrack anime. oleh karena itu, supercell sering disebut dengan BAND ANIME:) selain itu lagu supercell pas banget nih sama aliran kesukaan mimin. pop, rock, dan yang mellow2 gitu lah.
    salah satu lagu supercell yang mimin suka itu, Ost Anime Bakemonogatari- Kimi no shiranai monogatari. selain itu masih banyak lagi lagu supercell yang nggak kalah kerennya readers!.


                                                      
    Ehmm, supercell(ditulis huruf kecil semua loo readers!) yang diketuai oleh Ryo pada tahun 2007, menyuguhkan genre J-pop dan Alternative Rock.  Salah satu keunikan grup ini adalah tidak pernah menampilkan wajah-wajah asli mereka. bahkan Ryo sang ketua pun tidak diketahui nama aslinya. buset dah. begitupula dengan para crew2 nya. hal tersebut membuktikan bahwa Musik itu dilihat dari hasil karya nya, bukan dari tampilan visual mereka.
    supercell ini memiliki beberapa staff  tetap yang terdiri dari:
  • Ryo ( Komposer dan Punulis lirik lagu)
  • Shirow Miwa (ilustrasi)
  • Redjuice (ilustrasi)
  • Huke (ilustrasi)
  • Suga (ilustrasi)
  • Maque (ilustrasi dan animasi)
  • Yoshiki Usa (design)
  • Hei8ro (Heihachiro) (ilustrasi dan fotografi)
  • Guitar (ilustrasi)
  • Crow (support)
  • Golv (support)
          Sedangkan untuk penjualan albumnya, selalu disertai booklet limited edition berisi ilustrasi keren full color karya dari para mangaka supercell. Berbeda dengan group lain yang menyertakan photopack wajah member/personil bersangkutan. nah, ini juga yang menjadikan supercell grup yang unik.
        Sang ketua Ryo, menyatakan bahwa musik yang dia ciptakan adalah gambaran dari bentuk emosi manusia. Arti lirik lagu-lagu supercell sendiri juga bermakna dalam (terutama pada album Today is a beautiful day). Penciptaan lagu biasanya diawali Ryo dengan bergumam(bersenandung) atau mulai memainkan piano dan kemudian menulis liriknya. Lirik yang dia tulis dikhususkan untuk penyanyi wanita bersuara cute.


         Pada awalnya Ryo memulai debut supercell dengan mengupload video musik pada situs Nico Nico Douga (situs video sharing jepang, semacam youtube) berjudul Melt yang diciptakan sendiri dan disuarakan dengan software synthesizer vocaloid (perangkat komputer yang menghasilkan suara manusia tiruan) yakni Hatsune Miku (nama vocaloid/suara yang dihasilkan software tersebut). Lagu tersebut didengarkan jutaan orang dan sejak saat itu Ryo dikenal sebagai salah satu komposer vocaloid terbaik. Ryo memiliki selera musik yang sangat bagus dan bisa menciptakan nada-nada yang indah berkat kepekaan musiknya yang bisa dibilang jenius.
        Saat mengupload lagu tersebut, ryo menggunakan artwork Hatsune Miku karya 119 (Hikeshi) tanpa izin terlebih dahulu. Baru kemudian setelah video tersebut terkenal, Ryo meminta maaf kepada 119 dan dia merespon dengan baik bahkan kagum dengan lagu tersebut dan menerima ajakan Ryo untuk menjadi illustrator untuk lagu tersebut.
      Setelah itu kemudian Ryo merekrut seniman manga dan animator lainnya (total anggota 11 orang) untuk bergabung dengan project group musik doujin (indie) yang disebut supercell. Konsep supercell sangat berbeda dengan group musik kebanyakan yakni dalam penyajian yang unik dimana tiap lagunya terdapat ilustrasi manga yang dibuat oleh mangaka berkelas dan mereka tidak pernah menunjukkan wajah personilnya.
Illutrated by Shirow Miwa
           Setelah perjuangan debut doujin mereka, akhirnya rilis album major label yang juga berjudul supercell, sama dengan nama groupnya adalah album major pertama mereka yang dilabeli oleh Sony Music. Album ini berisi 12 lagu yang ditulis dan nadanya dikarang oleh Ryo dan dinyanyikan oleh suara vocaloid Hatsune Miku. Album ini juga tersedia dalam versi limited edition dimana terdapat bonus booklet artwork berjudul supercell works yang berisi ilustrasi tiap lagunya.
                                        
         Pada album ini komposisi vocal disesuaikan dengan lirik yang diciptakan khusus oleh Ryo untuk Hatsune Miku, yakni lirik nakal dinyanyikan dengan nada nakal juga yang sekiranya malu jika dinyanyikan oleh manusia asli. Itulah kelebihan menggunakan vocaloid, sang composer bisa lebih bebas menulis lirik dan berekspresi, berbeda jika penyanyinya manusia harus sedikit lebih hati-hati. Dan dengan jeniusnya Ryo mengeksploitasi Hatsune Miku hingga dia mampu menyanyikan lagu-lagu karyanya dengan nada seksi yang menggairahkan. Dibumbui dengan kosakata nakal seperti kissu(kiss), skirt(rok),  lain sebagainya.
     

Album kedua: Today Is A Beautiful Day (2011)

Today Is A Beautiful Day, illustrated by Shirow Miwa

          Album kedua ini mencapai posisi ke 3 Oricon saat dirilis. Dilabeli oleh Sony Music, berisi 13 lagu yang ditulis oleh Ryo dan dinyanyikan oleh Nagi Yanagi yang merupakan penyanyi/Guest Singer manusia pertama supercell. Nagi Yanagi (21) adalah salah satu anggota pada situs Nico Nico Douga yang mengupload lagu-lagu cover vocaloid supercell dengan username Gazelle. Nagi mempunyai ciri khas suara yang seksi matang(dewasa) namun tetap cute. Nagi merupakan penggemar lagu-lagu supercell, sedangan Ryo sendiri adalah penggemar dari suara cute Nagi Yanagi bahkan sebelum Nagi mengupload cover lagu supercell, Ryo sangat mengagumi suara Gazelle (Nagi). Baru setelah mengetahui Nagi meng-cover lagu supercell, Ryo segera menghubungi Nagi dan mengajaknya bergabung dengan supercell sebagai penyanyi pada album baru mereka. Menurut Ryo, untuk konsep album kedua supercell anggota/staff yang lain menginginkan tiap lagu dinyanyikan oleh penyanyi yang berbeda-beda namun Ryo menginginkan Nagi untuk menyanyikan semua lagu pada album kedua tersebut .

     Seperti sebelumnya, album kali ini juga dilengkapi dengan artbook limited edition berisi 36 halaman full color ilustrasi tiap lagu dari mangaka supercell. Namun kali ini artworknya lebih keren menurutku, karakter yang digambar oleh mereka sebagian besar adalah gambaran dari wajah Nagi Yanagi sendiri versi mereka(sang mangaka) masing-masing. Klik gambar dibawah ini untuk zoom in.


Owari e Mukau Hajimari no Uta, illustrated by redjuice
Kimi no Shiranai Monogatari, illustrated by Shirow Miwa
Hero, illustrated by Shirow Miwa
Sayonara Memories, illustrated by redjuice
Utakata Hanabi, illustrated by huke
              Sejak kontrak dengan Nagi selesai, supercell mengadakan audisi vokalis untuk album ke-3 mereka. Kriteria penyanyi yang dicari adalah berdasarkan suara, tidak peduli jenis kelamin, penampilan ataupun umurnya (karena memang sebelumnya mereka tidak pernah menampakkan diri, hanya diperankan oleh model). Dari sekitar 2000 kandidat, terpilih 2 orang gadis yaitu Koeda (15) dan Chelly (17). Mereka berdua mempunyai ciri khas suara yang kuat. Koeda dengan suara manja dan cute sedangkan Chelly dengan suara seksi dan cute. Selanjutnya Koeda menjadi vokalis untuk supercell, sedangkan Chelly menjadi vokalis untuk EGOIST.
   
More Info : Klik disini

Comments

Popular Posts